Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Manfaat jamur kuping - Jamur kuping yang biasa kita temukan di piring seperti sop kimelo menunjukkan bahwa ia memiliki manfaat baik yang jarang Anda ketahui. Apa manfaat jamur kuping? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini:

 

Jamur kuping (Orikola uricollaria) adalah salah satu kelompok gel jamur yang masuk ke kelas pseudomycota dan memiliki tekstur gel yang unik. Jamur disebut kuping karena bentuknya sama seperti kuping.telinga. Jamur kuping sering digunakan sebagai bahan masakan seperti sup, bukan karena rasanya enak tapi juga karena manfaat atau efektivitas jamur kuping ini bagus untuk kesehatan Anda.

manfaat jamur kuping
manfaat jamur kuping

Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Kurangi tekanan darah

 

Jamur telinga mengandung kalsium, nutrisi, thiamin, riboflavin, dan niasin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsinya bisa dijadikan makanan masak atau juga dengan menggunakan mucus jamur.

 

Pencegahan anemia

 

Anemia atau defisiensi darah dapat mencegah seseorang dari mengkonsumsi jamur. Besi dalam jamur ini sangat tinggi dibanding jenis sayuran lainnya, jadi tak ada jamur kuping jika bisa mencegah anemia.

 

Anti keracunan

 

Selain enak dimakan, juga bisa dijadikan ramuan obat untuk menangkal atau detoks minonactivacans di tubuh. Jamur telinga negara China yang sama selalu digunakan sebagai bahan masakan tambahan, dengan tujuan untuk mendetoksifikasi racun yang dibawa dalam makanan.

 

Kadar kolesterol rendah

 

Jamur kuping mengandung protein bebas lemak, nol kolesterol, dan kandungan karbohidrat sangat rendah. Serat dan beberapa enzim di jamur telinga juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan protein tinggi dalam jamur ini membantu membakar kolesterol saat dicerna.

 

Kaya akan kalsium tinggi

 

Jamur kuping mengandung persentase kalsium yang sangat tinggi yaitu 2 kali susu yang diproduksi oleh belacu. Kandungan kalsium tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam proses pertumbuhan anak - anak. Kalsium dibutuhkan untuk kesehatan tulang, gigi dan pembekuan darah.

 

Jadi jika Anda menginginkan kebutuhan kalsium yang cukup jangan lupa mengkonsumsi jamur kuping. Setiap piring dapur bisa digunakan sesuai kebutuhan.

 

Meningkatkan kekebalan tubuh

 

Manfaat jamur kuping lainnya dari jamur kuping bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Ergothonin, adalah antioksidan kuat yang ditemukan di jamur, salah satunya ada di jamur kuping. Zat ini sangat efektif untuk memberikan perlindungan dari radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Inilah beberapa manfaat jamur kuping yang jarang diketahui. Jadi jangan lupa makan jamur Anda jika Anda ingin sehat ^^ Tapi tidak semua jamur bisa dimakan ya!